MAKALAH Perkembangan Pendidikan Islam di Spanyol

 

Oleh:

semoga bermanfaat
semoga bermanfaat

AL AZHAR
NIM : 1513610404

UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG (UNISULA)
SEMARANG
2014

 

 

KATA PENGANTAR

 

Syukur Alhamdulillah, menyertai rangkaian kalimat ini puji syukur sepatutnya kita ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, taufiq, dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik, meskipun jauh dari kesempurnaan. Kesempurnaan hanya milik-Nya, khilaf dan salah hanya milik penulis sebagai hamba-Nya. Shalawat serta salam semoga tetap terlimpah pada junjungan Baginda Muhammad SAW, yang senantiasa dinantikan syafaatnya.
Penyusun sangat menyadari bahwa isi makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu, masukan, kritik dan saran dari berbagai pihak sangat diharapkan, agar dalam penyusunan makalah selanjutnya akan semakin mendekati kesempurnaan. Akhir kata, penyusun mengharapkan semoga makalah ini dapat bermanfaat.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Penyusun

Al Azhar

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ………………………………………………………..……… .……. i
KATA PENGANTAR ……………………………………… ………………..……….. ….ii
DAFTAR ISI………………………………………………………….. …………………… iii
BAB I: PENDAHULUAN ………………………………………………………………… 1
A. Latar Belakang Masalah……………… ………..………………………………….… 1
B. Rumusan Masalah……………………………………. ………….……………………. 2
C. Tujuan penulisan ……………………………………………………………………….. 3
D. Manfaat penulisan ……………………………………………………………………… 3
BAB II : PEMBAHASAN ………………………………………………………………….. 4
A. Sejarah Singkat Masuknya Islam di Spanyol ………………………………….. 4
B. Perkembangan Pendidikan Islam di Spanyol .…….…………………………… 5
1. Mendirikan lembaga pendidikan …………………………………………………… 5
2. Pengembangan perpustakaan ……………………………………………………….. 6
3. Faktor penunjang pengembangan pendidikan Islam ……………………….. 7
4. Bias pendidikan Islam bagi perkembangan dunia moderen …………….. 8
C. Pola Pendidikan Islam di Spanyol ………………………………………………. 9
1. Kuttab ………………………………………………………………….. 9
2. Pendidikan Tinggi …………………………………………………. 10
3. Faktor pendukung kemajuan Islam di Spanyol ………….. 12
4. Runtuhnya Kedigdayaan Islam di Spanyol ……………….. 13
BAB II : PENUTUP
A. Kesimpulan ………………………………………………………. 15
B. Saran …………………………………………………………….. 16
DAFTAR PUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Spanyol adalah sebuah negara yang pernah ditaklukkan oleh Islam untuk mengembangkan agama Islam di negeri tersebut. Kondisi Spanyol prakedatangan Islam sungguh memprihatinkan, terutama ketika masa pemerintahan Raja Ghotic yang melaksanakan pemerintahannya dengan besi. Kondisi ini menyebabkan rakyat Spanyol menderita dan tertekan dan menderita. Mereka sangat menrindukan datangnya kekuatan Ratu Adil sebagai sebuah kekuatan yang mampu mengeluarkan mereka saat itu. Kerinduan mereka akhirnya menemukan momentumnya ketika kedatangan Islam di Spanyol.
Ketika Islam masuk ke negeri Spanyol, negeri ini banyak mengalami perkembangan peradaban yang pesat baik dari kebudayaan maupun pendidikan Islam, karena Spanyol didukung oleh negerinya yang subur dengan penghasilan ekonomi yang cukup tinggi sehingga menghasilkan para pemikir hebat. Spanyol mengalami perkembangan pesat dalam kebudayaan dan pendidikan Islam yang dimulai dengan mempelajari ilmu agama dan sastra.
Pada periode klasik paruh pertama – masa kemajuan – (650-1000M), wilayah kekuasaan Islam meluas melalui Afrika Utara (Aljazair dan Maroko) sampai ke Spanyol di Barat. Spanyol adalah nama baru bagi Andalusia zaman dahulu. Nama Andalusia berasal dari suku yang menaklukkan Eropa Barat di masa lalu sebelum bangsa Goth dan Arab (Islam).
Spanyol diduduki umat Islam pada zaman Khalifah Al-Walid (705-715M), salah seorang Khalifah dari Dinasti Bani Umayyah yang berpusat di Damaskus. Ada tiga nama yang sering disebut berjasa dalam penaklukan Spanyol, yaitu Musa bin Nushair, Tharif bin Malik dan Thariq bin Ziyad. Dari ketiga nama tersebut, nama terakhirlah yang sering disebut paling terkenal, karena pasukannya lebih besar dan hasilnya lebih nyata. Pasukannya terdiri dari sebagian suku Barbar (muslim dari Afrika Utara) yang didukung Musa bin Nushair dan sebagian lagi orang Arab yang dikirim Al-Walid. Pasukannya yang berjumlah 7000 orang menyeberang selat di bawah pimpinan Thariq bin Ziyad. Tentara Spanyol di bawah pimpinan Raja Roderick dapat ditaklukkan. Cordova jatuh pada tahun 711 M. Dari sana, wilayah-wilayah Spanyol, seperti Toledo, Sevilla, Malaga, dan Granada dapat dikuasai dengan mudah.
Sejak pertama kali menginjakkan kaki di tanah Spanyol hingga jatuhnya kerajaan Islam terakhir di sana, Islam memainkan peran yang sangat besar. Masa itu berlangsung selama hampir 8 abad (711-1429 M).
Kedatangan Islam di Spanyol telah membawa perubahan yang sangat besar, terutama di bidang sosial dan ilmu pengetahuan serta kebudayaan. Perkembangan peradaban Spanyol Islam terbentuk bukan hanya karena sentuhan dari tradisi Arab-Islam, akan tetapi lebih dari itu karena akibat persentuhan peradaban yang di bawa oleh Arab-Islam dengan kebudayaan masyarakat . Semua ini tidak terlepas dari kepiawaian dan dukungan dari penguasa dalam memajukan ilmu pengetahuan dan tingginya motivasi umat Islam dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Sehingga dalam waktu singkat Spanyol berubah menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan Islam di belahan barat.
B. Rumusan Masalah
Dari uraian latar belakang masalah di atas dapat maka dapat dirumuskan beberapa pokok masalah yang berkaitan dengan Sejarah Pendidikan Islam di Spanyol sebagai berikut:
1. Bagaimana Sejarah Masuknya Islam di Spanyol?
2. Bagaimana Sejarah Perkembagan Pendidikan Islam di Spanyol?
3. Bagaimana Pola Pendidikan Islam di Spanyol?
C. Tujuan Pembahasan
Tujuan pembahasan makalah ini adalah untuk mengetahui bagaimana sejarah masuknya Islam di Spanyol, perkembangan pendidikan Islam dan pola pendidikan Islam di Spanyol.

 

 

 

 

 

 

BAB II
PEMBAHASAN

A. Sejarah Singkat Masuknya Islam di Spanyol

Semenanjung Iberia di Eropa, yang meliputi wilayah Spanyol dan wilayah Portugal sekarang ini, menjorok ke selatan ujungnya hanya dipisahkan oleh sebuah selat sempit dengan ujung benua Afrika. Bangsa Grit tua menyebut selat sempit itu dengan tiang-tiang Hercules dan di seberang selat sempit itu terletak di benua Eropa. Selat sempit itu sepanjang kenyataan memisahkan lautan tengah dengan lautan atlantik.
Semenanjung Iberia, sebelum ditaklukkan bangsa Visighots pada tahun 507 M, didiami oleh bangsa Vandals. Justru wilayah kediaman mereka itu disebut dengan Vandalusia. Dengan mengubah ejaanya dan cara membunyikannya, bangsa Arab pada masa belakangan menyebut semenanjung Iberia itu dengan Andalusia.
Spanyol diduduki oleh umat Islam pada zaman khalifah Al-Walid (705-715 M), salah seorang khalifah dari Bani Umayyah yang berpusat di Damaskus. Sebelum penaklukan Spanyol, umat islam telah menguasai Afrika Utara dan menjadikannya sebagai salah satu provinsi dari dinasti umayyah. Penguasaan sepenuhnya atas Afrika Utara itu terjadi di zaman Khalifah Abdul Malik (685-705 M). Khalifah Abdul Malik mengangkat Hasan bin Nu’man Al-Ghassani menjadi Gubernur di daerah itu. Pada masa khalifah Al-Walid, Hasan bin Nu’man sudah digantikan oleh Musa bin Nushair. Di zaman Al-walid itu, Musa bin Nushair memperluas wilayah kekuasaanya dengan menduduki Aljazair dan Maroko. Selain itu, ia menyempurnakan penaklukan ke daerah-daerah bekas kekuasaan bangsa Barbar di pegunungan-pegunungan, sehingga mereka menyatakan setia dan berjanji akan membuat kekacauan-kekacauan seperti yang pernah mereka lakukan sebelumnya.
Dalam proses penaklukan Spanyol ada 3 pahlawan Islam yang memimpin pasukan kesana yakni Tharif ibn Malik, Thariq ibn Ziyad, dan Musa ibn Nushair. Namun, yang sebagai perintis dan penyelidik kedatangan Islam ke Andalusia adalah Tariq ibn Ziyad. Ia yang telah memimpin pasukan tentera menyeberangi lautan Gibralta (Jabal Thariq) menuju ke semenanjung Iberia. Musa ibn Nushair pada tahun 711 M, mengirim pasukan Islam dibawah pimpinan Thariq bin Ziyad yang hanya berjumlah 7000 orang dan tambahan pasukan 5000 personel yang memang tak sebanding dengan tentera pasukan Gothik yang berkekuatan 100.000 lengkap bersenjata. Namun, pada akhirnya, Thariq bin Ziyad mencapai kemenangan, dengan mengalahkan Raja Foderick di Bakkah dan menaklukan kota-kota penting seperti Cordova, Granada, Toledo dan hingga akhirnya menguasai seluruh kota penting di Spanyol.

B. Perkembangan Pendidikan Islam di Spanyol

  1. Mendirikan Lembaga Pendidikan

Ketika umat Islam berkuasa di spanyol telah mendirikan madrasah-madrasah yang tidak sedikit jumlahnya guna menopang pengembangan pendidikannya. Madrasah-madrasah itu tersebar di seluruh daerah kekuasaan Islam, antara lain: Qurthubah (Cardova), Isybiliah (Seville), Thulaitihillah (Toledo), Gharnathah (Granada) dan lain sebagainya.
Guna melakukan sosialisasi ilmu pengetahuan lebih lanjut, khalifah Abdul Rahman III mencoba merintisnya dengan mendirikan Universitass Cordova sebagai pusat ilmu pengetahuan. Universitas ini mengambil tempat di sebuah masjid. Pada masa pemerintahan Al-Hakam II (961-976 M), universitas tersebut diperluas lokasinya, dan bahkan mendatangkan para professor dari timur (Al-Azhar dan Nizhamiyyah) sebagai dosen undangan untuk memberikan perkuliahan di sana.langkah yang diambil Al-Hakkam II dalam memajukan pendidikan di Spanyol Islam, kemudian diikuti oleh para penguasa sesudahnya.
Semangat (ghirah) tinggi yang ditunjukkan oleh masyarakat dalam menuntut ilmu tidak pernah mundur, meskipun untuk memperkuat eksistensi lembaga pendidikan para penguasa Spanyol Islam memberlakukan peraturan yang berbeda dengan penguasa Abbasiyah di Baghdad. Peraturan tersebut dengan memungut biaya bagi para siswanya. Hal ini dilakukan bagi terlaksananya penyelenggaraan pendidikan yang diinginkan. Semangat menuntut ilimu yang diperkenalkan Spanyol Islam, bukan hanya terbatas bagi para pelajar muslim saja, akan tetapi juga terbuka kepada para pelajar nonmuslim. Sikap toleran yang ditawarkan membuat para pelajar nonmuslim berlomba-lomba untuk menuntut ilmu di Spanyol Islam.
Dalam menunjang pendidikannya, pendidikan Spanyol Islam memberlakukan kurikulum universal dan kompherensif. Artinya, menawarkan materi pendidikan agama dan umum secara integral pada setiap tingkatan pendidikannya, khususnya pada pendidikan tinggi. Indikasi dari kedalaman dan keluasan kurikulum spanyol islam waktu itu boleh jadi ditentukan konsekuensi-konsekuensi pratikal yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, sehingga pola kurikulum yang diterapkan tidak bersifat fleksibel dan adaptik.
2.Pengembangan Perpustakaan
Kelancaran proses pendidikan sangat tergantung dari prasarana-prasarana yang mendukung. Diantaranya adalah fasilitas perpustakaan. Untuk itulah khalifah-khalifah Umayah di Spanyol telah berupaya menyisihkan dana dari kas Negara untuk membangun berbagai sarana pendukung tersebut secara intensif.
Ambisi untuk mnedirikan perpustakaan, bukan hanya dilakukan oleh para khalifah saja. Akan tetapi, ambisi tersebut juga telah diwakili oleh setiap masyarakat Spanyol Islam. Mereka mengoleksi berbagai buku bukan untuk kepentingannya dirinya saja.besarnya perhatian umat Islam di Spanyol dalam penyediaan sarana perpustakaan sangat luar biasa. Ini dapat dilihat dengan berdirinya perpustakaan Khazanatul Humist-Tsani di Andalusia. Perpustakaan ini memiliki buku sebanyak 400.000 jilid. Di samping perpustakaan-perpustakaan lain yang didirikan oleh perorangan untuk dimanfaatkan secara umum, bahkan mereka berlomba-lomba untuk mendirikannya.
Penomena ini menyulap daerah Spanyol menjadi negara yang kaya dan makmur, di samping kemerdekaan ilmiah yang dikembangkan. Kondisi ini terlihat dari peratuaran yang berlaku saat itu. Ilmu pengetahuan bukan hanya milik orang merdeka, tetapi juga merupakan milik para budak. Hubungan yang harmonis ini menjadi daya penggerak tersendiri bagi kemajuan pendidikan yang diperkenalkan Spanyol Islam.
3. Faktor Penunjang Pengembangan Pendidikan Spanyol Islam
Ilmu pengetahuan Spanyol Islam tidak telepas dari berbagai factor, baik factor internal maupun eksternal. Factor internal dalam hal ini adalah factor ajaran islam sebagai motivasi, nilai dan doktrin merupakan factor utama dalam memajukan pendidikan Spanyol Islam. Ini terlihat dari gairah umat Islam dalam menyikapi dorongan tersebut. Mereka menyikapi ilmu pengetahuan bukan untuk mencari kedudukan tertentu dalam susunan pemerintahan, akan tetapi karena tuntutan ajaran Islam.
Factor ekstrinsik merupakan factor yang berhubungan dengan upaya kaum muslimin Spanyol dalam menciptakan kultur Islam dalam bentuk peradaban. Factor tersebut antara lain:
 Factor kekuasaan. Factor ini direflesikan dalam bentuk kebijaksanaan penguasa Umayah II dan penguasa lainnya, member dukungan yang sangat kuat dalam perkembangan pendidikan.
 Faktor akademis. Munculnya lembaga pendidikan di Spanyol memiliki saham yang cukup besar dalam menstimulasi dan mendinamisir kaum muslim untuk mengembagkan pendidikan dan melalukan berbagai rangkaian riset.
 Factor kompetisi posotif. Dimensi ini memberikan nuansa, bahwa ketika mereka berlomba-lomba mengembagkan ilmu pengetahuan akan tetapi mereka masih menjaga kode etik dan harmonisasi hubungan pertransperan ilmu.
 Factor toleransi dan stabilitas nasional. Kondisi kondusif ini ikut memperkaya khazanah ilmu pengetahuan dan peradaban di Spanyol. Spanyol tidak mendeskriditkan umat non Islam, mereka diperlakukan sama dalam semua aspek, kecuali agama.

4. Bias Pendidikan Spanyol Islam Bagi Perkembangan Dunia Modern
Spanyol Islam mencapai jaman keemasan, dengan kebangkitan dinamika intelektualitasnya dalam segala bidang ilmu pengetahuan secara integral dan harmonis antara tahun 1050-1300 M. di sisi lain, pada waktu bersamaan dunia belahan Eropa mengalami stagnasi ilmu pengetahuan. Dogma gerejani yang melarang mempelajari dan menganggap filsafat dan ilmu Yunani berbahaya bagi agama Kristen.
Kondisi inilah yang menyebabkan banyak para ilmuan Eropa yang haus akan ilmu pengetahuan, keluar dari negaranya. perkenalan mereka dengan dunia Islam menyebabkan mereka kagum dengan kebijaksanaan pemerintah dan semangat umat Islam dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Mereka berupaya mentransper ilmu pengetahuan yang berkembang di dunia Islam ke dunia Eropa, dengan jalan menerjemahkan sejumlah buku-buku.
Bunga dasri pencerahan ilmu pengetahuan inilah yang menstimuli timbulnya institusi baru ilmu pengetahuan di Eropa. Dari sinilah kemudian lahir beberapa lembaga pendidikan di Eropa.
C. Pola Pendidikan Islam di Spanyol
1. Kuttab
Di Andalusia banyak terdapat kuttab-kuttab yang menyebar sampai ke pinggira kota. Pada lembaga ini, para siswa mempelajari berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan, seperti fikih, bahasa dan sastra, music dan kesenian. Kuttab termasuk lembaga pendidikan yang terendah yang sudah tertata dengan rapi di saat itu. Pada lembaga ini siswa-siswanya mempelajari berbagai macam ilmu pengetahuan di antaranya:
a. Fikih
Pemeluk Islam di Andalusia menganut mazhab Imam Maliki. Tokoh-tokoh yang termahsyur di sini diantaranya tersebut nama Ziyad ibnu Abd. Ar-Rahman, Abu Bakar ibn al-Qutiyah, Munzir Ibn Said al-Baluti dan Ibn Hazm yang sangat popular di kala itu.
b. Bahasa dan Sastra
Bahasa arab menjadi bahasa resmi umat Islam di Spanyol, bahasa ini dapat dipelajari di kuttab, bahkan kepada siswanya diwajibkan untuk selalu melakukan dialog dengan memakai bahasa resmi Islam (bahasa arab), sehingga bahasa ini menjadi cpat popular dan menjadi bahasa keseharian.
Totkoh-tokoh bahasa tersebut adalah Ibn Sayidih, Ibn Malik yang mengarang Al-Fiyah, Ibn Khuruf dll. Di bidang sastra tersohor nama Ibn Abd. Rabbih, Ibn Bassam dan Al-Fath ibn Khaqam.
c. Musik dan Seni
Di Spanyol berkembang music-musik yang bernuansa arab yang merangsang tumbuhnya nilai-nilai kepahlawanan. Banyak tokoh music yang bermunculan ketika itu, di antaranya Al-Hasan ibn Nafi yang dijuluki Ziryab (789-857)
Ziryab selalu tampil pada acara-acara perjamuan kenegaraan di Cordova, karena ia merupakan aransemen music yang handal dan piawai pula mengubah syair-syair lagu yang pantas dikonsumtifkan kepada seluruh lapisan dan tingkat timur.

2. Pendidikan Tinggi
Tidak dapat dipungkiri bahwa Islam di spanyol merupakan tonggak sejarah peradaban, kebudayaan dan pendidikan pada abad kedelapan dan akhir abad ketiga belas. Universitas Cordova berdiri megah dan menjadi ikon Spanyol, sehingga Spanyol termashyur ke seluruh dunia.
Universitas ini tegak bersanding dengan Masjid Abdurrahman III, yang pada akhirnya berkembang menjadi lembaga pendidikan tinggi yang terkenal dan setara dengan Universitas Al-Azhar di Cairo dan Universitas Nizamiyah di Baghdad. Selain itu, terdapat juga Universitas Sevilla, Malaga, dan Granada. Secara garis besar perguruan tinggi di spanyol terdapat dua konsentrasi ilmu pengetahuan yaitu:
a. Filsafat
Universitas Cordova mampu menyaingi Baghdad, salah satu diantaranya karena mampu mengimpor ilmu filsafat dari belahan timur dalam jumlah yang besar.
Ibnu Bajjah adalah filosof muslim yang pertama dan utama dalam sejarah kefilsafatan di Andalus. Nama lengkapnya adalah Abu Bakar Muhammad ibnu Yahya ibnu Al-Shaiq, yang lebih terkenal dengan nama ibnu Bajjah.
Dilahirkan di Zaragoza, ia pindah ke Sevilla dan Granada. Meninggal karena keracunan di Fez tahun 1138 M dalam usia muda. Seperti Al-Farabi dan Ibnu Sina di Timur, masalah yang dikemukakannya bersifat etis dan eskatologis. Magnum opusnya adalah Tadbir al-Mutawabbid
Tokoh utama kedua adalah Abu Bakr ibn Thufail, penduduk asli Wadi Asy, sebuah dusun kecil di sebelah Timur Granada dan wafat pada usia lanjut pada tahun 1185 M. ia banyak menulis masalah kedokteran, astronomi dan filsafat. Karya filsafatnya yang terkenal adalah Hay ibn Yaqzhan.
Bagian akhir abad ke-12 M menjadi saksi munculnya seorang pengikut Aristotelis yang terbesar di gelanggang filsafat dalam Islam, yaitu Ibnu Rusyd dari Cordova, ia lahir tahun 1126 M dan wafatnya tahun 1198 M. ciri khasnya adalah kecermatan dalam menafsirkan naskah-naskah Aristotelis dan kehati-hatian dalam menggeluti masalah-masalah klasik tentang keserasian filsafat dan agama. Dia juga ahli fiqih dengan karyanya yang termasyhur Bidayah al-Mujtahid
b. Sains
Tercatat nama Abbas ibn Farnas yang termasyur dalam ilmu kimia dan astronomi. Ia adalah orang pertama yang menemukan pembuatan kaca dari batu. Perkembangan sains pada daerah ini diikuti pula oleh ilmu kedokteran, matematika, kimia dan music serta ilmu lainnya, bahkan ada ilmuan wanita yang ahli kedokteran, yaitu Umm al-Hasan binti Abi Ja’far.
3. Faktor Pendukung Kemajuan Islam di Spanyol
a. Adanya dukungan dari penguasa, membuat pendidikan Islam cepat sekali maju, karena penguasa sangat mencintai ilmu pengetahuan dan berwawasan jauh ke depan.
b. Adanya beberapa sekolah dan universitas di beberapa kota Spanyol yang sangat terkenal (Universitas Cordova, Malaga, Sevilla, dan Granada).
c. Banyaknya para sarjana Islam yang dating dari ujung timur dan ujung barat wilayah Islam dengan membawa berbagai buku dan berbagai wawasan.
d. Adanya persaingan antara Abbasiyah di Baghdad dan Umayyah di Spanyol dalam bidang ilmu pengetahuan dan peradaban.

4. Runtuhnya Kedigdayaan Islam di Andalusia
Di antara penyebab keruntuhan peradaban dan pendidikan Islam di Andalusia adalah:
a. Konflik Agama
Pada akhir-akhir kemajuan peradaban pendidikan Islam di Andalusia, telah muncul ke permukaan paham-paham dan perbedayaan keyakinan. Kondisi yang tidak menguntungkan bagi umat Islam telah membuat “berani” umat Kristiani menampakkan dirinya ke permukaan. Bahkan terang-terangan berani menentang kebijakan penguasa Islam di kala itu.
b. Ideologi Perpecahan
Kultur social kemasyarakatan ketika itu amat berpeluang besar terjadinya pertikaian, apalagi dengan tida adanya sosok pemimpin yang dapat mempersatukan ideology yang telah memecah belah persatuan. Sehingga keamanan negeri tidak lagi bisa terjamin dan terjadinya perampokan di mana-mana. Kondisi seperti ini dimanfaatkan oleh umat Kristiani untuk menyusun kekuatan.
c. Krisis Ekonomi
Dalam situasi semakin sulit, umat kristiani tidak lagi jujur dalam membayar upetinya kepada penguasa Islam, dengan berbagai dalih. Sering terjadi perampokan yang diskenario oleh kelompok Kristiani, dan pada akhirnya menuduh Islam yang berbuat aniaya kepadanya. Pemerintah lebih memperhatikan kemajuan pendidikan dan lupa menata perekonomian, sehingga melemahkan ekonomi Negara.
d. Peralihan Kekuasaan
Granada yang merupakan pusat kekuasaan Islam terakhir di Spanyol jatuh ke tangan Fendinand dan Isabella, sementara di kalangan Islam sendiri terjadi perpindahan kekuasaan dengan system ahli waris. Pola yang masih dipertahankan umat Islam dalam menggantikan tampuk kepemimpinan kadang jauh dari kelayakan.
D. Pola Pendidikan Islam di Sisilia
1. Kuttab
Kuttab adalah pola pendidikan terendah di Sisilia. Di sana anak belajar menulis, berhitung, dan bahasa arab. Dengan bukti banyaknya kuttab-kuttab yang berkembang dan lembaga pendidikan dapat diprediksi bahwa dalam waktu yang singkat Sisilia dapat mewujudkan mimpi besarnya. Terbukti sampai sekarang dengan masih eksisnya Universitas Palermo. Kehadiran Palermo dapat menjawab dan menyalurkan generasi muda yang belajar di kuttab, sehingga memekarkan kesturi intelektual di masa itu.
2. Sains dan Teknologi
Sisilia telah menorehkan sejarah yang tak dapat didustakan untuk peradabab dan perkembangan ilmu pengetahuan, karena pada masa ini telah menetaskan ulama-ulama besar yang melahirkan karya-karya besar, diantaranya yaitu:
a. Muhammad ibn Khurasan dan Ismail ibn Khalaf, di bidang ilmu Al-Quran dan Qiraat.
b. Abu Abbas dan Abu Bakar ibn Muhammad al-Yamimi, dalam bidang hadis.
c. Ibnu al-Farra dan Musa ibn Hasan, dalam bidang ilmu kalam.
d. Ali Hamzah al-Bashri dalam bidang sastra.
e. Abu Sa’id Ibrahim dan Abu Bakar al-Shiqali, bidang fisika, kimia dan matematika.
f. Abu Al-Abbas Ahmad ibn al-Salam, dalam bidang kedokteran.
3. Faktor Pendukung Kemajuan Pendidikan Islam di Sisilia
a. Para penguasa muslim di Sisilia adalah orang pencinta ilmu dan berwawasan luas. Mereka mengirim siswa-siswa berbakat untuk belajar di universitas-universitas terkemuka di dunia Islam.
b. Menggaji para dosen, peneliti dan ilmuwan.
c. Membebaskan para dosen, peneliti, dan ilmuwan dari wajib militer.
d. Migrasi para ilmuan, peneliti, dosen dan guru dari berbagai penjuru dunia Islam ke Sisilia, karena tertarik tunjangan yang memadai.
4. Perang Salib dan Akibatnya Terhadap Pendidikan Islam dan Ilmuwan Muslim di Andalusia dan Sisilia
Philip K. Hitti berpendapat bahwa perang salib terjadi tiga angkatan. semua Negara Kristen mempersiapkan tentara yang lengkap persenjataannya untuk pergi berperang merebut palestina. Dari sisnilah bermula suatu penyerbuan Barat Kristen ke dunia Islam yang berjalan selama 200 tahun lamanya dari mulai 1095-1293.
Dengan akal sehat dapat difahami bahwa, peperangan yang memakan waktu lama, mau tidak mau memorak-porandakan segalanya. Keadaan seperti ini mengakibatnya leburnya seluruh perjuangan yang sudah ditata dengan baik. Keamanan tidak lagi bisa dijamin, penduduk saling mencurigai, pendidikan tidak lagi berjalan seperti yang diharapkan.
Akibat yang ditimbulkan oleh perang salib yang berlangsung selama dua abad itu amat banyak, diantaranya:
 Pemelik Islam yang menduduki Andalusia dan Sisilia terpaksa hengkang dari dua daerah ini, karena kemenangan Ratu Isabella dan Raja Ferdinand membuat mereka memberikan tiga tawaran yang tidak menggantungkan satupun (keluar dari spanyol, memeluk Kristen, atau dibunuh).
 Delapan kalai perang salib, hanya serangan pertama yang dianggap menang, sedangkan yang lainnya adalah gagal, sehingga tujuan perang dialihkan untuk merebut kota Mesir.
 Kegagalan merebut mesir membuat perang salib selanjutnya tidak terarah, maka Spanyol dan Sisilia diserang dengan membabibuta tanpa pandang bulu, sehingga daerah ini mendapat getah dari perang salib.
 Dengan dikuasainya Sisilia dan Spanyol oleh Raja Ferdinand dan Ratu Isabella yang sangat membenci Islam karena perang salib, sehingga mereka mengikis habis seluruh jejak Islam dan peradabannya, kecuali bangunan-bangunan yang dianggap perlu yang masih eksis sampai sekarang.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Eksistensi perkembangan ilmu pengetahuan yang dikembangkan oleh peradaban Spanyol Islam di segala bidang, telah menjadikannya sebagai sebuah Negara adikuasa di zamannya. Kehadirannya telah banyak mewarnai pengembangan ilmu pengetahuan dan peradaban Islam.
Pengembangan ilmu pengetahuan di Spanyol Islam dimulai dengan mendirikannya mendirikan lembaga pendidikan, seperti madrasah-madrasah dan Universitas Cordova sebagai pusat ilmu pengetahuan. Selain itu, demi kelancaran proses pendidikan, maka dibangunlah fasilitas perpustakaan. Perpustakaan itu dibangun atas upaya Abdurrahman III juga dilakukan oleh Al-Hakam II dengan membangun perpustakaan terbesar di seluruh Eropa pada masa itu.
Namun demikian, perputaran jarum sejarah tidak selamanya menunjukkan arahnya ke dunia Islam. Selang beberapa waktu kemudian dunia Islam mengalami disintegrasi dan stagnasi roh ilmiah intelektual.kondisi ini menjadikan umat antipasti terhadap dinamika intelektual filosofis. Sementara itu banyaklah para filsuf muslim yang harus “keluar” dari negerinya yang sudah tak “bersahabat” lagi dengan ide-idenya ke tempat yang lebih aman, yaitu Benua Eropa.
Selain itu, sejarah pendidikan Islam di Spanyol Islam dapat disimpulkan sebagai berikut:
 Islam berkuasa di Spanyol kurang lebih delapan abad lamanya, sedangkan di Sisilia kurang lebih empat abad, sehingga membuat kedua wilayah tersebut menjadi terkenal di dunia di bidang pendidikan dan peradaban.
 Kedua daerah ini diselenggarakan pendidikan dengan kuttab yang mempelajari pengetahuan dasar dan menengah (Al-Qur’an, fikih, bahasa, kesenian dan lain-lain. Pada perguruan tinggi telah mengarak pada disiplin ilmu khusus (agama, sains, dan teknologi).
 Keegoan faham agama telah merusak tatanan kehidupan pendidikan Islam pada kedua daerah tersebut, ditambah dengan keberhasilan bangsa Kristiani mengalahkan Islam, dan mengakibatkan tenggelamnya daerah ini beberapa lama dari peradaban dunia Islam.
B. Saran
Dari pembahasan makalah di atas, hendaknya intelektual muslim dapat mengambil pelajaran berharga sejarah. Kemegahan ummat islam masa lampau tidak untuk dijadikan sebagai nostalgiah belaka, tapi diambil sisi positifnya sembari memperbaiki kekeliruan di masa lampau. Dengan demikian ummat islam akan kembali bangkit memimpin peradaban dunia.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Harum, Maidir. 2001. Sejarah Pendidikan Islam. Padang: IAIN Imam Bonjol.
Munir, Syamsul. 2009. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Amzah.
Nizar, Samsul. 2009. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Syalabi, Ahmad. 1973. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang
Thahir, Ajid. 2004. Perkembangan Peradaban di Kawasan Dunia Islam. Jakarta: PT. Grafindo Persada
Yatim, Badri. 1995. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Yatim, Badri. 2006. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
http://pendiputra.woerdpress.com/2010/06/07/islam-di-spanyol/
http://roseflower92.wordpress.com/2013/01/09/perkembangan-islam-di-andalusia/id-answers.yahoo.com/question
http://marx83.wordpress.com/2008/07/15/islam-spanyol-perkembangan-pendidikan-islam/
http://my.opera.com/coretanku27/blog/perkembangan-islam-di-eropa/
http://badrislam.blogspot.com/2009/05/sejarah-masuknya-islam-ke-spanyol-spaim.html
http://dunia.islam.pelitaonline.com/news/2013/03/02/alhamdulillah-muslimah-di-spanyol-boleh-bercadar
http://sunni.abatasa.co.id/post/detail/15750/dibandingkan-kristen-islam-lebih-memberdayakan-kaumperempuan
https://sites.google.com./site/ppmenetherlands/kazanah/sejarah-islam-di-spanyol

 

5 respons untuk ‘MAKALAH Perkembangan Pendidikan Islam di Spanyol

Tinggalkan Balasan ke agil Batalkan balasan